Pages

Friday, October 5, 2012

10 Fakta Unik Tentang Kucing

1. Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata kucing adalah salah satu hewan predator pling hebat di dunia, terutama untuk kuing rumahan. Menurut penelitian seekor kucing mampu memangsa ribuan spesies, sedangkan kucing besar seperti singa, harimau dan sejenisnya hanya mampu memangsa kurang dari 100 spesies. Tapi karena ukurannya yang terbilang keil, hal ini tidak membahayakan manusia, kecuali kucingnya terinfeksi rabies.

2. Kucing lebih mungkin selamat jika terjatuh dari lantai 20 daripada lantai 7, karena kucing membutuhkan waktu setara
dengan 8 tingkat untuk menyadari apa yang terjadi, ini membuat kucing dapat tenang dan membetulkan posisinya untuk mengurangi resiko.

3. 6 bulan usia kucing setara dengan 10 tahun usia manusia.


4. Semua kucing berjalan dengan cara jinjit.


5. Kucing adalah salah satu hewan yang sangat bersih, mereka merawat diri dengan cara menjilati bulu mereka. Air liur kucing merupakan pembersih yang kuat walaupun sebenarnya dapat memicu alergi pada manusia.

6. Mata kucing memiliki lapisan pemantul cahaya yang disebut tapetum lucidum, ini yang membuat mata kucing seolah menyala dimalam hari. Lapisan pemantul ini mampu menyerap cahaya 6 kali lebih kuat daripada mata manusia, hal inilah yang membuat kucing dapat melihat  dalam kegelapan.

7. Kucing memiliki kumis yang sangat sensitif dan dapat merasakan perubahan tekanan udara bahkan yang kecil sekalipun. Kemampuan ini membuat kucing dapat menggunakannya sebagai penuntun alternatif untuk bergerak dalam kegelapan ketika kucing tidak dapat melihat.

8. Seperti jerapah dan onta, kucing melangkah dengan kedua kaki kirinya dan berlari dengan kedua kaki kanannya.

9. Saat tidur ternyata kucing bisa bermimpi dan mengigau.

10. Kucing yang sejak kecil sering diajak bermain, ketika besar akan menjadi kucing yang hiperaktif.



No comments:

Post a Comment