Pages

Monday, October 8, 2012

7 Hewan Beracun Paling Berbahaya di Dunia

Hewan-hewan menakjubkan ini memiliki racun paling berbahaya di dunia. Hewan-hewan tersebut menggunakan bisa atau racunnya untuk memburu mangsa atapun sebagai pertahanan diri. Sangat disarankan untuk tidak mendekati atau menyentuh hewan-hewan tersebut !



 1. Blue Ringed Octopus atau Gurita Cincin Biru
















Makhluk cantik berukuran kecil ini (kira-kira seukuran bola golf) banyak ditemukan di  Samudra Pasifik terutama di perairan Jepang dan Australia, dan mudah ditemukan pada saat air pasang. Meski ukurannya kecil dan bentuk serta warnanya menarik, hewan ini memiliki racun yang sangat berbahaya dan cukup membunuh sampai 26 manusia. 
Pada saat teresentuh gurita ini memberikan gigitan yang tidak terasa, akan tetapi pada saat itu neurotoksin dilepaskan kedalam aliran darah. Hal yang terjadi berikutnya adalah mati rasa, kelemahan otot kegagalan pernafasan bahkan menyebabkan kematian.

2. Deathstalker Scorpion

















Banyak yang berusaha menghindari kalajengking karena mengetahui rasa sakit yang diakibatkan gigitan atau sengatannya. Tapi tidak banyak yang tahu kalajengking jenis ini, selain sengatannya sangat menyakitkan, juga memiliki racun yang dapat menyebabkan demam, kejang-kejang, koma bahkan kematian. Kalajengking ini banyak ditemukan di Timur Tengah dan Afrika Utara.
Meski mematikan,  efek racunnya sebenarnya dapat diatasi, jika yang tersengat adalah orang dewasa yang sehat dengan pertahanan tubuh yang maksimal. Lain halnya jika yang tersengat adalah anak kecil, orang lanjut usia ataupun orang dewasa yang sakit atau lemah pertahanan tubuhnya, jika mereka tersengat maka membutuhkan perawatan medis yang sangat serius.

3. King Cobra














King cobra adalah salah satu ular paling berbisa di dunia. Ular jenis ini banyak ditemukan di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara, dengan panjang yang dapat mencapai 6 meter. King cobra dapat menyuntikkan racun lima kali lebih banyak dari dari ular lainnya. Racun ular ini dapat membunuh manusis hanya dalam hitungan menit !

4. Marbled Cone Snail / Siput Marmer
















Siput jenis ini banyak ditemukan di wilayah Indo-Pasifik. Siput berukurn kecil ini mampu menghasilkan racun yang mempu membunuh hingga 20 orang. Bahkan pernah tercatat 30 orang pernah tewas akibat siput ini.
Saat terkena racun maka tubuh akan terasa sakit, bengkak, sesak nafas, lumpuh dan lain-lain. 

5. Poison Dart Frog 

















Spesies yang terancam punah ini berasal dari Amerika Selatan dan tengah. Dahulu suku-suku asli di Amerika menggunakan racun katak ini pada anak panah mereka untuk memberikan efek mematikan. Katak ini memili tubuh yang sangat kecil , hanya sekitar 5 cm, akan tetapi memili racun yang snggup membunuh 10 manusia sekaligus.
Menariknya, bahan kimia yang terkandung dalam racunnya juga memili efek menghilangkan rasa sakit 200 kali lebih kuat dari morfin, meski begitu penggunaannya sangat tidak disarankan karena efek negatif penggunaannya jauh lebih besar daripada manfaatnya.

6. Stonefish


















Ikan yang tampak mengerikan ini banyak terdapat di perairan tropis di Pasifik dan Samudra Hindia. Stonefish dapat melepaskan racun yang bisa berakibat fatal bagi manusia. Racun akibat gigitan ikan ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, shock, bahkan kelumpuhan. Korban akibat gigitan ikan ini dapat diselamatkan jika segera mendapatkan pertolongan medis yang tepat. 

7. The Box Jellyfish
















Ubur-ubur kotak adalah salah satu hewan yang paling berbisa di dunia. Paling sering ditemukan di perairan hangat sekitar bagian utara Australia dengan populasi meningkat antara bulan Oktober dan Mei. Sebagian kecil juga ditemukan diperairan Asia. 
Racun yang dilepaskan oleh ubur-ubur kotak mengandung nematocysts yang jika masuk ke dalam aliran darah dapat menyebabkan sakit yang luar biasa dan pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada jantung dalam waktu singkat.

No comments:

Post a Comment